Minggu, 05 September 2010

PENGENALAN BAHAN/ZAT KIMIA

Oleh : Rifa Kusmiati
Sebelum menggunakan zat kimia yang ada di lab kimia, sebaiknya mengetahui kelompok zat yang diperdagangkan di pasaran. Menurut penggunaannya zat dapat dikelompokkan menjadi 6 yaitu :

  1. Reagent : digunakan di laboratorium sekolah/universitas
  2. Pharmaceuticals : yaitu zat kimia untuk obat-obatan.
  3. Diagnostics : digunakan untuk keperluan diagnosis yang digunakan dalam bidang kedokteran.
  4. Agrochemicals : digunakan dalam bidang pertanian.
  5. Dyes : digunakan sebagai zat warna sebagai zat celup dalam bidang industri tekstil.
  6. Pigmen : digunakan untuk pembuatan cat.
Tingkat kemurnian zat kimia yang diperdagangkan dapat di kelompokkan menjadi :
  1. Pro Analyze (PA) atau Guarenteed Reagent (GR) atau Analar (AR): Zat kimia yang termasuk kelompok ini mempunyai kemurnian yang tinggi atau lebih(99%).Label pada wadah zat kimia mencantumkan kadar kemurnian zat itu dan kandungan pengotornya. Zat kimia yang termasuk kelompok ini digunakan untuk analisis dalam penelitian yang memerlukan hasil yang akurat dan cermat dan banyak digunakan dalam laboratorium klinik.
  2. Chemical Pure (CP), General Purpose Reagents (GPRS) : zat kimia yang termasuk kelompok ini mempunyai kemurnian yang lebih rendah (90-95%) dari zat kimia PA. Pada label wadah zat kimia ini tidak selalau dicantumkan kemurnian dan kadar maksimum kotoran yang terdapat didalamnya.
  3. Teknis (Technical Grade) : Zat kimia ini mempunyai kemurnian yang paling rendah. Pada Label wadah zat kimia ini tidak tercantum jenis pengotor yang terdapat di dalamnya. zat kimia kelompok ini yang biasa digunakan untuk tingkat sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar